TANYA JAWAB

Keluhan Pemilik Konter Hari Ini (SKO Solusinya)

Gak bisa Mengetahui untung konter
Saya pemilik konter tapi masih kesulitan mengetahui berapa untung bersih tiap bulannya.
Keliatannya mudah kalo di hitung memakai bantuan excel (pencatatan di excel), nyatanya itu malah memakan banyak waktu dan pikiran saya. Saat mencatat, lalu menghitung keuntungan, saya merasa capek, karena perlu banyak cek dan merekap , baik kas, cek stok elektrik maupun barang(accessories, perdana atau vocer fisik), jelas perlu banyak waktu, pikiran dan tenaga bila dikerjakan oleh saya sendiri. Sehingga saya malah tidak bisa memikirkan peningkatan omzet atau peningkatan customer di konter saya.
Maunya bisa mengetahui dan menganalisa untung konter, malah ribet dibuatnya. Ada gak sih, yg bisa bantu saya.. 


Order Transaksi Konter dengan HP mulai kewalahan
Konter saya yg buka sore hari,satu hari sudah mencapai sekitar 200 transaksi , setelah transaksi sudah melebihi 200, penjaga konter saya sudah mulai kewalahan. Setiap order, harus mengirim sms dengan menekan tombol-tombol, lalu mencatatnya. Seperti kita tahu kebanyakan konter pulsa, selalu melakukan semua ordernya secara manual baik itu order sms ke supplier maupun pencatatannya. Belum lagi kalo kita ingin mengetahui dan menghitung untung konter pulsa. Hal ini membuat saya menjalankan konter ini dengan apa adanya dan apabila omzet meningkat, harus menambah atau merekrut penjaga konter lagi (dimana saya harus berhitung antara untung dan biaya gaji). Harusnya sih ada yang bisa kasih solusi gimana caranya tetap dengan penjaga konter yang ada, tapi transaksi order ke supplier maupun pencatatan dan penghitungan bisa dilakukan cepat dan otomatis tersimpan menjadi data.



Program Server Pulsa masih belum bisa diimplementasi
Saya sudah memakai program server untuk mensupply stok pulsa di dua konter pulsa saya, setelah itu modul stok pada program server juga saya pergunakan di konter pulsa saya. Ternyata program server tidak bisa digunakan untuk mencatat stok-stok fisik seperti stok Perdana, Vocer fisik dan Accessories/barang. Apalagi di konter pulsa butuh juga seperti pencetakan struk sederhana. Akhirnya saya coba cari program konter pulsa, namun hasilnya belum memuaskan, hanya ketemu program konter dengan harga seperti program server (di atas Rp 4jt). Semoga ada yang bisa memberi saya saran atau solusinya agar saya dapat mencatat, mengarsip/membuat/melihat stok di konter saya baik yang stok elektrik maupun stok fisik, selain itu bisa digunakan untuk cetak struk.


Program stok masih belum bisa diimplementasi
Sudah lama saya menggunakan software stok, yg sebenarnya awalnya itu software/program untuk toko. Saat ini saya rasakan, struk yang ada masih belum tepat karena ukuran masih besar dan tampilan ada yg kurang, tapi program toko ini tidak menyediakan update karena vendor atau pembuat tidak ada support sama sekali apalagi untuk upgrade program. Selain itu program toko ini tidak mencatat semua stok yaitu stok elektrik seperti stok chip saldo maupun stok berupa unit(Mkios,Dompul) sehingga saya harus menggabungkan sendiri antara stok fisik/barang dengan stok elektrik untuk menghitung kas total, stok total atau untung semua stok. Jadi sedikit ribet dan mengikuti alur struk yg tidak tepat ini. Harapan saya ada program yang bisa mencatat, menghitung dan kalo bisa sekaligus transaksi ke supplier dan juga terdapat support dan layanan yang prima yg berkaitan dengan program tersebut. Sehingga bila ada keinginan dari customer, maka bisa diberikan upgrade baik secara Cuma-Cuma maupun berbayar (sesuai dengan manfaatnya).


Masalah Kontrol Stok di Konter
Saya mempunyai konter di Surabaya selatan yang lumayan ramai baik lokasi maupun transaksinya, baik elektrik maupun transaksi barang/accesoriesnya. Namun minggu lalu, saya baru saja mendepak 2 org penjaga konter saya, padahal salah satu penjaga konter saya sudah ikut selama beberapa tahun dan sangat saya percaya, tapi ternyata ketahuan juga perbuatan nya itu, jadi ceritanya akhir-akhir ini di konter saya terdapat kejanggalan pada transaksi stok barang, yaitu banyak kejanggalan atau kebocoran stok, yaitu perbedaan mencolok antara stok yg ada dan kas masuk. setelah saya berpikir dengan istri, maka saya berharap menemukan program yang dapat mencatat dan mengetahui stok tiap saat. Baik stok masuk, transaksi yg berkaitan dengan stok maupun kasnya. Selain harga hemat, program ini juga harus mempunyai hak akses tertentu pada user tertentu, misal, penjaga konter hanya bisa input data. Untuk admin bisa input data dan pmbelian barang, dll. Karena kejadian itu sementara saya trauma untuk merekrut orang lain sebagai penjaga konter apalagi bila belum ada system pengontrol semacam program konter itu. Semoga anda dapat mengambil pelajaran dari pengalaman saya.

PILIH-PILIH SUPPLIER MULTI OPERATOR

Bisnis pulsa merupakan bisnis yang cukup merajalela saat ini. Sebagian dari pelaku bisnis ini berlomba-lomba memasang strategi jitu untuk menembus target penjualan mereka, namun sebagian dari mereka juga hanya menjadikan bisnis ini sebagai sampingan saja, dengan kata lain mereka tidak memasang target atas penjualan mereka.

Bisnis pulsa dengan layanan 1 chip all operator merupakan salah satu alternatif bisnis paling diminati masyarakat, termasuk juga mereka yang sebetulnya sangat awam pengetahuan mengenai dunia pulsa. Hal inilah kiranya yang perlu di telaah lebih dalam agar para pelaku bisnis awam tersebut dapat mengenali resiko, serta terhindar dari penipuan yang mungkin berkedok bisnis pulsa.

Salah satu persyaratan dalam berbisnis pulsa layanan 1 chip all operator adalah melakukan deposit ke si penyedia layanan. Hal ini tentunya perlu kita cermati, mengingat resiko yang pertama adalah bukan tidak mungkin orang-orang yang tidak bertanggung jawab justru bermain dengan kedok deposit ini. Oleh karenanya tips untuk menghindari resiko ini adalah cobalah anda melakukan survey atau setidaknya semacam konfirmasi ulang ke si penyedia, terkait layanan 1 chip all operator yang mereka tawarkan, termasuk juga konfirmasi ulang menyangkut deposit yang harus disetorkan. Cari tahu juga menyangkut alamat mereka, sistem yang mereka terapkan, bahkan jika perlu anda dapat juga menanyakan menyangkut server pengisian pulsa yang mereka gunakan, kelancaran transaksi, dsb.

Jika anda telah mendapatkan informasi yang lebih jelas menyangkut penyedia layanan dan anda merasa yakin untuk bergabung, maka tips yang kedua adalah lakukan deposit pertama dengan nominal yang tidak teralu besar. idealnya antara Rp.25.000,- s/d Rp.200.000,-. Mengapa demikian, hal ini dimaksudkan agar dana deposit yang pertama anda setorkan, yang dalam hal ini telah berupa pulsa tersebut anda jadikan sebagai ajang ujicoba layanan 1 chip all operator dari si penyedia. Cepat pasarkan pulsa anda agar anda bisa tau seberapa optimal pelayanan 1 chip all operator dari mereka. Dari sini anda dapat menilai sendiri, seberapa baik kecepatan transaksi, laporan transaksi, layanan kompain, dsb.

Agar bisa meminimalkan resiko dalam bisnis pulsa, jangan lupa membuat laporan transaksi anda secara rutin, mulai dari nomor tujuan, nominal, harga anda beli, dsb. Hal ini sangat penting agar setiap pengeluaran atau pemotongan saldo pada deposit anda selalu sesuai dengan transaksi-transaksi yang anda lakukan. Demikian, jadi diperlukan program atau software Konter yang tepat. SKO adalah solusinya!!

* Sumber disadur & disesuaikan dari berbagai sumber (surat pembaca,media online dan lain-lain)
1 Response
  1. My Tour Says:

    apaka program sko ini bisa untuk multi client, jadi bisa di gunakan beberapa komputer dalam waktu bersamaan?